21 Februari 2011

Friendster (FS) vs Facebook (FB)

Tweet It!

Sampai tahun 2008-an, friendster atau FS merupakan jejaring sosial yang paling populer di Indonesia, bahkan hampir tiap siswa SMA dan kuliah mempunyainya untuk mencari teman-teman lama maupun baru. Namun sejak 2008 tersebut facebook atau FB lebih populer. Bahkan sampai saat ini facebook meningkat secara pesat bahkan menjadi ranking 2 global dan nomor 1 di indonesia (sumber : alexa.com) bandingkan dengan friendster yang hanya 908 di global dan 93 di Indonesia.


Dari penelusuran google facebook menempati ranking 2 dan fb ranking 3, pertumbuhan/peningkatannya facebook ranking 1 dan fb ranking 2. Entah untuk ranking fs dan friendster. Tulisan ini coba membandingkan kedua jejaring sosial tersebut dari sisi kemudahan dan kepopulerannya sehingga facebook melejit menjauhi friendster yang tertinggal.


Mencari Teman Lama


FS


Untuk mencari teman lama perlu mengetahui namanya di FS yang justru seringkali berbeda nama dengan nama asli, misalnya Sukarto di FS bisa namanya Karto Item sehingga yang pas adalah mengetahui emailnya dan fotonya perlu asli. Dari menu search (pencarian) diketik anma atau alamat emailnya sehingga yang bersangkutan bisa diminta konfirmasinya untuk menjadi teman.


Cara pencarian yang lain adalah dengan mencari dari temannya yang juga teman kita, misalnya Sukarto teman Adi yang juga teman kita. Dari Adi yang sudah menjadi teman kita di FS dicari list temannya Adi dan jika Sukarto sudah menjadi temannya Adi maka dapat dapat menjadi teman kita.


FB


Pencarian bisa melalui group, dari tampilan secara random yang memang dimunculkan oleh FB, melalui teman-teman kita yang suatu waktu akan terhubung melalui teman bersama (mutual friend) atau akan muncul dengan sendirinya di foto, komen atau link-link yang kemungkinannya cukup banyak. Dengan demikian melalui FB kemungkinan bertemu teman lama cukup besar dan sering terhubung baik melalui foto, group, temannya teman, komen, news feed dan lain sebagianya.


Tagging Foto


FS


Tagging foto atau memberikan nama foto yang kita upload, di FS baru dimunculkan mengikuti FB setelah soal tagging foto cukup berperan penting dalam meramaikan jejaring pertemanan di FB. Namun demikian ketertautan dengan satu foto dan pertemanan di FB lebih mudah dibandingkan di FS, alias jejaringnya lebih dinamis sedangkan di FS serasa statis.


FB


Tagging foto di FB cukup populer digunakan baik untuk saling menghubungkan diantara teman atau media untuk pemasaran dalam memperkenalkan produk yang bisa jadi ajang jual beli via media FB. Media ini membuat sejak mengenal FB orang banyak melakukan reuni kecil baik komunitas yang baru terbentuk atau komunitas teman lama. Sudah menjadi suatu hal yang baisa reuni kecil, pembentukan komunitas baru dan arisan mulai tercipta dan diaktifkan kembali sejak adanya FB ini.


Group


FS


Group di FS tidak bertautan dengan foto, jaringan pertemanan dan notifikasi, sehingga group di FS lebih cenderung statis.


FB


Group di FB cenderung dinamis dan bisa saling dihubungkan dengan banyak hal termasuk aplikasi, games, foto, link-link, dan pertautan lainnya sehingga group di FB cukup dinamis. Group yang tercipta dari FB ini bisa juga menjadi inisiasi suatu gerakan atau dukungan terhadap banyak hal. Kristalisasi sutau gerakan atau ide dapat mulai dimunculkan dari group ini. Misalnay 1 juta dukungan untuk memilih seseorang jadi pemimpin atau misalnya 5 juta dukungan untuk pembangunan jalan tol dari A ke B dan lain sebagainya.


Group di FB sangat dinamis dan terbentuk saling keterkaitan dengan macam-macam hal dan membuat jejaring sosial pertemanan ini menjadi makin dinamis.


Games


FS


Games di FS berada terpisah dengan feature lain dan ketidak terhubungan dengan group, pertemanan, foto, dan rekomendasi ayng dinamis sehingga games merupakan feature yang berjalan tersendiri.


FB


Games merupakan wahana untuk pertemanan jadi makin erat dengan rekomendasi games, gift atau perpintaan banyak hal sehingga selain untuk mengisi waktu ksoong dapat juga mempererat pertemanan dalam jaringan sosial FB.


Rekomendasi Teman


Rekomendasi di FS setahu saya tidak ada . Sedangkan rekomendasi di FB baik secara langsung atau termunculkan secara random dari program FB membuat pertemanan melalui FB menjadi begitu dinamis.


Tampilan temannya teman


Tampilan temannya teman dari Fs harus dicari secara manual, sedangkan dari FB bisa muncul dari program otomatis dari FB sehingga ini salah satu kemudahan untuk mencari teman baru atau ketemu dengan teman lama. Sudah menjadi cerita yang berulang teman lama ketemu dari media FB. Kita sangat senang karena pertemanan dan mencari teman lama menjadi lebih mudah.


Kapasitas Jumlah Teman


Sayangnya jumlah teman di FS sampai saat ini tidak mencapai angka 200, sedangkan kapasitas jumlah teman di FB yang hanya 5.000 pun jika tidak dibatasi akan terlewati dengan mudah bahkan hanya dalam hitungan bulanan. Sudah menjadi rahasia umum, tiap orang sekarang bahkan mempunyai lebih dari satu akun FB karena kemudahan pertemanan dan mencari teman lama dengan ketertautan satu sama lain melalui media yang bermacam-macam seperti foto, group, pages, games, temannya teman dan lain sebagianya.


Pages


Di FS saya tidak tahu ada tidaknya pages, namun di FB dimungkinkan jika selebritis, produk, perusahaan atau personal ingin menghubungkan suatu wadah yang lebih dari 5.000 pihak. Pages ini memungkinkan anggota FB terkumpul dalam satu wadah sampai jumlah yang tidak dibatasi. FB mempunyai solusi kreatif dalam mengakomodasi kebutuhan penggunanya.


Link dengan Twitter, Plurk dan Jejaring Lain


Link dengan aplikasi lain seperti twitter, plurk dan jejaraing lain untuk FS tidak dinamis alias hanya status terakhir yang muncul, untuk FB ketertautan ini bisa tersimpan dalam news feeds sehingga lebih dinamis dan bisa saling dikomentari. Pekerjaan di FB menjadi tidak ada habisnya jika tidak smart dan membatasi waktu mengakses FB.


Aplikasi Tambahan


Aplikasi tambahan di FS statis dan berdiri sendiri. Sedangkan di FB bisa dinamis, saling terhubung dan banyak pihak mengkreasikan aplikasi tersendiri untuk tujuan dan kepentingan khusus. peluang ini memungkinkan FB menjadi terbuka secara luas untuk kreatifitas, inovasi, pengembangan dan perluasan sesuai tujuan dan kepentingan penggunanya.


Widget Fans


Sayabelum menemukan widget untuk fans atau aplikasi semacam ini untuk FS. Namun demikian FB memungkinkannya sehingga keterhubungan dengan FB menjadi mudah dari semua akses internet.


Notifikasi


Notifikasi di FS dan FB dimungkinkan dari email, namun khusus FB notifikasi dibuat menu khusus dan selalu mudah diakses sehingga update atas pergerakan dan kekinian di FB mudah dipantau. Penggunaan FB menjadi lebih mudah daripada dengan FS.



Menyimak pembanding di atas nampak jelas kenapa FB jauh melejit meinggalkan FS. FB yang ranking 2 (global) dibandingkan 908 (global) FS menunjukkan hal yang saling terhubung, dinamis, keterbukaan serta pengembangan atas kreatifitas dan inovasi membuat FB selalu berkembang terus. Suatu kewajaran juga bahkan google masih menempatkan pertumbuhan dan ranking penelusurannya pada ranking 2 sd 1 baik untuk FB dan facebook.


Sisi negatif dari Fb jika tidak dibagi waktu dalam akses FB dan cara untuk selalu update, waktu 24 jam sehari tidak bisa cukup. Satu-satunya jalan yaitu menggunakan akses FB secara matang dan dengan dewasa yang cermat sehingga kemajuan teknologi ini menjadi berguna bukannya menjadi bumerang yang merugikan.


Salam



7 komentar:

  1. cocok dipasangkan menjadi calon presiden dan wapres di negara nusakambangan.

    BalasHapus
  2. enak jg jadi orang top ya,....

    BalasHapus
  3. keywordz aku hari ini yang menjadi "nomor 1" dan "halaman pertama" google adalah :

    "tupperware promo maret 2011"

    nggak percaya...??? coba aja copas keyword itu ke kotak searching google, pasti yang muncul Blog ini....

    Hehehehehee..... :D

    BalasHapus
  4. Sekitar 1,550,000 hasil (0.09 detik)

    BalasHapus
  5. Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

    BalasHapus
  6. Nurdin dan Gayus,.....ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti...semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe...

    BalasHapus