03 Januari 2009

Google Sekretarisku

Tweet It!

Judul di atas mungkin di protes banyak orang. Namun demikian ternyata aku banyak terbantu sama google.

Pertama-tama, bagaimana awalnya google ada ?

Dua orang mahasiswa Larry Page dan Sergey Brin semasa masih mahasiswa PH.D (doktoral, S3) di salah satu univesitas terkenal dan terbaik di dunia di Universitas Stanford punya ide yg unik dan mustahal. Yaitu memasukkan semua informasi dalam satu PC, laptop atau gadget. Ide sederhana tapi dampaknya luar biasa.

Yang dilakukan keduanya adalah menciptakan mesin pencari/search engine yang efektif dan efisien. Intinya mesin pencari yang terandal di muka bumi ini. 

Jika tidak dapat menciptakan mereka membeli dari pihak lain dan mengembangkannya. Kemudian google mengembangkan ke arah content/isi dengan mengakusisi/membeli perusahaan lain. 

Berikut feature lain yang berguna : pencarian Gambar, pembuatan Grup, pencairan Buku, pembuatan Blog, penyediaan email gratis Gmail, direktori, kalendar dan lain-lain.

Cari apapun  dan tanya apapun jawabnya : google !!!

Intinya data dari banyak server penyimpan dan link seluruh dunia yang diindeks/dirangkum makin banyak sehingga data yang bisa dicari sampai bermilyar-milyar halaman. 

Dengan demikian jika kita mengetikkan keyword apapun juga kemungkinan besar akan diperoleh informasi yang sangat berguna.

Sehingga saat ini jika ada pertanyaan tentang apapun juga atau mencari apapun juga akan mudah diperoleh. 

Bagaimana caranya ?

Caranya :
1. Buka browser Anda : Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox
2. Pada menu alamt ketik www.google.com atau www.google.co.id
3. Ketik keyword/kata kunci yang anda cari, jika perlu ketik selengkap mungkin, 

misalnya : buku matematika sma kelas 1 pdf (artinya kita cari semua link yang menuju ke buku sma kelas 1 berbentuk pdf, salah satu bentuk dokumen yang dipelopori oleh adobe).

Jadi apapun juga, dalam bahasa apapun juga, silahkan pergunakan google untuk mencarinya. 

Syarat utama : tahu keyword / kata kunci, panjang dan sulit tidak apa-apa

Kuncinya pada cara pengetikan keyword atau kata kuncinya.  Bahkan jika kata kuncinya panjang tidak masalah atau dengan bahasa yang sulit, google akan mencari dengan padanan yang tepat alias yang bersesuaian.



Mengapa saya rekomendasikan google daripada yang lain karena google saat ini mesin pencari tercepat di muka bumi, termasuk 3 besar yang paling sering dikunjungi selain cepat dan lengkap informasinya.

Jadi tepat dong kalau aku sebut Google : sekretarisku.

Mudah bukan ? Selamat menjadikan google jadi sekretarisku..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar