11 November 2011

10 Alasan, Twitter : 140 karakter tetapi Powerfull

Tweet It!
Twitter adalah fenomena terbaru, baru dimulai Maret 2006 tetapi sudah menduduki ranking ke-9 menurut alexa.com dengan lebih dari 200 juta pemakai per 2011, dengan lebih dari 200 juta tweet (kicauan) serta lebih dari 1,6 miliar pencarian.

Umumnya menggunakan twitter selama 6:53 menit, lebih dari 10% pengguna internet mengakses twitter untuk menjawab tagline "What's happening ? = Apa yang sedang terjadi ?"

Berikut 10 alasan twitter yang hanya 140 karakter bisa begitu powerfull yaitu :

  1. Fokus dan sederhana karena hanya 140 karakter. Manusia punya keterbatas dalam fokus dan daya ingat, dengan hanya 140 karakter membuat manusia lebih fokus dan segala pesan dipendekkan menjadi hanya 140 karakter sehingga harus dibuat sederhana.
  2. Pengelompokan dengan list, meski hanya menyediakan 20 list namun dengan pengelompokan membuat penggunaan twitter menjadi lebih mudah. Berikut contoh list sehingga lebih mudah penggunaannya http://twitter.com/#!/browox/lists saya mengelompokkan following saya seperti selebritas, news, guru, sports dll.
  3. Bekerjasama dengan URL shorterner (pemendekan link) seperti dengan TinyURL dan bit.ly. Pesan sepanjang apapun bisa dieprsingkat menjadi 140 karakter menjadi lebih sederhana.
  4. Jasa untuk berbagi foto secara terintegrasi (integrated photo-sharing service) misalnya dengan TwitPic sehingga tiap waktu pengguna dapat berbagi foto dimanapun dengan siapapun followernya (pengikutnya).
  5. Hashtags atau semacam kata kunci yand diawali dengan #, seperti misalnya #messidonna yang bisa menjadi pembuka tema tertentu bahkan berikutnya bisa menjadi trending topics.
  6. Adanya trending topics atau tema yang paling banyak di tweet (dikicau) baik seluruh dunia, suatu negara atau kota tertentu. Trending topics ini bisa menjadi acuan perihal topik yang sedang hot/hangat dibicarakan oleh pengguna twitter di dunia, negara atau kota tersebut.
  7. Aksesbilitas twitter bisa dilakukan dengan berbagai macam jenis handphone sehingga antar pengguna berbeda HP bisa saling berkomunikasi.
  8. Aplikasi pendukung dan aplikasi untuk akses didukung ribuan lebih aplikasi sehingga pengguna dapat mengatur cara penggunaan dan aplikasi untuk akses. Aplikasi pendukung misalnya setelah posting di blog dapat langsung di-tweet ke twitter dengan aplikasi twitterfeed. Sedangkan untuk aksesbilitasnya salah satunya bisa menggunakan ubersocial.
  9. Media yang tepat untuk melakukan press release tanpa kewajiban berhadapan dengan audience langsung. Untuk selebritis atau tokoh yang terpojok dengan tidak mengenakan, media twitter sering dijadikan media untuk press release dengan lebih jujur dan terbuka. Tidak ada yang interupsi, tidak ada muka yang harus dihadapi dan yang paling penting sebelum menulis bisa dengan tenang memberikan press release secara tepat.
  10. Kemudahan menyampaikan pesan langsung ke selebritis, tokoh, pemimpin atau call center suatu badan atau lembaga sehingga media ini bisa menjadi acuan untuk pengawasan yang transparan, efektif, murah dan powerfull.
Demikian 10 alasan mengapa twitter bisa menjadi media yang tepat untuk digunakan sesuai maksud Anda masing-masing baik hanya untuk ngobrol, curhat, cari informasi, press release, menyampaikan pesan kepada tokoh/selebritas yang selama ini mungkin hanya mimpi.

Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar