01 Januari 2009

Press Release Barack Obama dengan Twitter

Tweet It!

Apakah Twitter ? Berikut penggalan informasi dari wikipedia : Twitter di Wikipedia

"Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi tertentu".

Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp.

Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter"

Menjelang pemilu legislatif dan presiden, berbagai cara ditempuh untuk dapat menosisalisasikan program kerja, kampanye, image calon termasuk fund raising ke segenap calon pemilih. Salah satunya ramai dilakukan melalui media twitter selain media offline dan online lainnya.

Jika kita melihat perkembangan pemilihan presiden di AS, FDR terpilih menjadi presiden AS pada masa mulai dikenalkannya media radio. JFK terpilih presiden pada masa debat calon presiden via televisi. BO (Barck Obama) terpilih presiden AS pada saat jaman informasi begitu pentingnya. Sehingga semua media perlu dipadu secara terintegrasi supaya informasi disampaikan secara efektif, efisien dan murah.

Salah satu peran yang cukup strategis calon presiden, kepala pemerintahan daerah, calon legislatif yang nantinya dipilih oleh publik dalam hal ini rakyat di satu negara atau daerah tertentu peran media social seperti twitter sangat besar sekali.

Dana yang dikumpulkan oleh Obama cukup fantasis dalam sejarah presiden AS, namun patut diingat pula BO awalnya tidak dianggap. BO memulai segala sesuatu dari tidak diperhitungkan banyak pihak.

Namun, BO memang berada pada saat yang tepat, dengan modal pribadi yang tepat dan bisa menggunakan segala aspek kemajuan teknologi dengan tepat serta bekerjasama dengan orang-orang yang terbaik di bidangnya. Dengan demikian, BO membuktikan pihak yg tidak diperhitungkan sejak awalnya bukan berarti tidak bisa memenangkan proses pemilihan.

Untuk sampai terpilih menjadi presiden AS BO melalui tahap2 yang penuh perjuangan. Beruntugnnyam BO cukup menggilai dan mengetahui pentingnya era teknologi informasi. Salah satu yg disenangi BO adalah blackberry di mana tiap saat bisa terhubung secara live dengan pihak-pihak yang diinginkannya dan atau mengumpulkan massa atau setidaknya menyebarkan informasi secara masal dengan cepat dan murah.

Menurut hemat saya, ada 2 hal penting BO bisa memenangkan pemilihan tersebut.

Pertama, BO memang sejak awal mempersiapkan dengan berbagai macam pengetahuan dan pengalaman untuk menjadi presiden AS. 

BO menjadi the first African-American president of the Harvard Law Review yang cukup bergengsi. Selain itu BO pernah bekerja dalam kegiatan sosial yang bergerak dan bersentuhan dengan masyarakat secara real. 
Dengan demikian BO sudah berpengalaman untuk berkomunikasi dengan masyrakat banyak. Kelebihan yang perlu diperhitungkan adalah kemampuannya untuk berpidato dengan baik dan jernih bahkan dalam salah satu konvensi Partai Demokrat, John Kerry sebagai salah satu orator yang terkenal sudah melihat bakat kepepimpinan dalam diri BO sehingga memilihnya dari sekian senator Partai Demokrat untuk memberikan kesempatan pada BO untuk berpidato.

Kedua, BO ber-sinergi dengan orang-orang yang tepat. Banyak pihak yang diajak berdiskusi dan bekerjasama dengan BO diantaranya orang terkaya ke-1 di dunia Warren Buffet, pimpinana Google, Mantan Presiden AS Bill Clinton sebagai salah satu supervisornya, dan banyak pihak lain yang memang dipilih BO sebagai orang-orang terbaik di bidangnya.

Dalam memadukan segala macam bentuk media dalam mengkomunikasikan kampanyenya, termasuk media internet, televisi, media cetak patut diajungkan jempol karena kolaborasinya dengan pihak2 yang terbaik.

Salah satu yang cukup menarik perhatian penulis dan ini memberikan satu inspirasi yang simple, ternyata dengan hanya menggunakan satu layanan jaring sosial atau mikroblog (bayangkan hanya 140 karakter), kampanye BO sangat berdaya. 

Salah satunya media press release yang diambil adalah perintis microblog yaitu twitter.

Berikut adalah alamat microblog BO : Twiiter/Barack Obama

Setiap saat BO ada di mana diinformasikan, sehingga banyak insan AS yang mengetahui perkembang terkini (ter-up date). Dan ini selalu di up date. Jika dilihat dari updating yg hampir tiap hari dapat dilihat bahwa ini sangat berguna. 

Press release atas kegiatan kampanye BO tersebut ternyata ter-link ke web site atau URL yang berkaitan seperti salah satu contohnya : BO and JB : The Change We Need

Dalam link tersebut tercantum banyak hal yang berguna untuk press release termasuk diantaranya bagaimana dapat menjadi sukarelawan, memberikan dana donasi, isu terkini, berita terbaru, blog, aksi, pembelian macam2 untuk dana kampanye. Sungguh perencanaan dan pengorganisasian yang serius.

Bayangkan dengan hanya satu layanan jaring sosial twitter menjadi salah satu pintu gerbang informasi ke arah integrasi informasi untuk satu tujuan mulia yaitu untuk menggolkan BO menjadi presiden.

Satu contoh yang dimabil ini bukan mau pengkhususkan twitter. Banyak media yang bisa menjdai pintu gerbang untuk mengarahkan pada tujuan utama seperti media radio, media cetak, facebook, media internet lain, televisi, jaringan fans di berbagai lokasi dan sebagainya.

Moga-moga sedikit inspirasi kecil ini dapat menjadi harapan bahwa kepala pemerintahan daerah ( bupati/ walikota/ gubernur) Anggota Legislatif dan Presiden RI tiap 5 tahun memang terpilih yang terbaik dari negeri tercinta Indonesia ini.

Tetap Jaya Negara Republik Indonesia

Salam

Ign Budi Prabowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar