31 Desember 2008

Asiknya Berjejaring Sosial dengan Facebook

Tweet It!


Ada tren baru saat ini yang jadi pembicaraan orang-orang. Di kantor, di bus, di kereta, di meja makan maupun berita-berita di media massa yaitu untuk add profile di www.facebook.com. 

Minta email facebook nya !!! Add facebooknya dong !!! Upload foto di facebook ya !!! ApaNama di facebook ? Undang di group kita di facebook dong !!!  Apa namamu di facebokk ? Kita sudah temanan di facebook ya ?

Ada banyak jenis pertanyaan lagis ektiar facebook atau fb atau dipelintir jadi fesbuuk. Kata facebook menajdi mewabah.

Mengapa jadi mewabah atau ber-latah ria ?

Tidak hanya dengan komputer di rumah/kantor, di warnet, melalui media tablet namun demikian melalui HP sederhana-pun update (pengkinian) facebook bisa dilakukan.

Selain itu, ternyata Facebook (FB) punya kelebihan dibanding social networking (Jejaring Sosial) lainnya dan  kelebihan dibandingkan media konservatif seperti tatap muka langsung.

Berikut beberapa kelebihan facebook diantaranya :
  1. Umumnya data profile di FB real karena sebagai personal press release dan meningkatkan jaringan peertemanan. Baik itu teman lama atau teman baru, baik di dalam dan luar negeri, baik yang sudah dikenal atau teman baru.
  2. Updating atau pengkinian data FB dapat dilakukan dengan mudah baik melalui PC (personal Computer), laptop maupun smartphone yang terhubung ke jalur internet. Kalau perlu bisa akses di kantor (tidak disarankan) atau warnet.
  3. Tag atau penamaan yang saling terhubung teman dari teman (friends of friends) untuk foto-foto jadul (jaman dulu) di FB sehingga bisa menjadi media awal untuk saling berkomunikasi dengan teman-teman lama. Sebagai misal badu mempunyai foto yang bertiga dengan wati dan budi. Jika badu melakukan tag atas foto tersebut untuk wati dan budi, otomatis di profile wati dan budi ada foto tersebut. Ini adalah salah satu kunci penting di FB bisa menjadi ajang reuni atau mencari teman lama dimanapun berada.
  4. Pengorganisasian kegiatan untuk updating di FB lebih mudah karena ada notifikasi (pemberitahuan) banyak hal sehingga mudah untuk mengetahui tambahan rekasi teman-teman (friends) di FB sejak log in yang terakhir. Notifikasi itu misalnya ada teman yang menyetujui sebagai teman (accept as friend), teman yang menulis pesan (wrote a wall) dsb.
  5. Notifikasi atau alert (pemberitahuan sesaat)di FB  dapat juga dilihat di alamat email yang terdaftar.
  6. FB dimungkinkan juga untuk chatting one to one (satu orang dengan satu orang lain), bahan saat ini  ada feature untuk chatting secara bersamaan/conference melalui  group.
  7. Bisa create group (membuat group) sesuai keinginan di FB yang memudahkan untuk mengelompokkan rekan-rekan seperti sesuai hobi, sekolah, dan kelompok. Group  di FB ini bermanfaat untuk meng-kandang-kan (mengelompokkan secara spesifik) arah pembicaraan sehingga relatif tidak glambrah (ke sana ke sini). Group untuk mengatasi batasan jumlah friend yang saat ini masih dibatasi sampai 5.000 friend.
  8. Bisa create page (halaman) baik tentang diri sendiri, topik, komunitas/kelompok atau suatu produk di FB sehingga atas page tersebut bisa diakses banyak pihak di seluruh dunia. Misalnya Barcelona membuat page untuk fans di FB di seluruh dunia yang bisa diakses pada saat yang sama langsung untuk puluhan bahkan ratusan juta fansnya di seluruh dunia.  Page untuk mengatasi batasan jumlah friend di FB yang saat ini masih dibatasi sampai 5.000 friend.
  9. Subscribe di FB merupakan langkah untuk memantau terus suatu profil di FB dan sebaliknya subscribers adalah banyaknya pihak yang memantau kegiatan kita.
  10. Wall to wall atau penulisan pada dinding di FB yaitu menulis pesan publik ke teman FB yang memungkinkan untuk memberikan komen dan like (suka) bertujuan awal memberikan respon atas status, aktifitas  dan apapun tentang teman di FB tersebut.
  11. Untuk informasi privat (terbatas) dapat dilakukan melalui kirim message (pesan) di FB teman. Ada 3 kategori pesan yaitu kirim ke satu roang lain, kirim ke semua anggota group khusus untuk admin dan kirim ke kelompok rekan-rekan (conference message).
  12. Untuk mengatur pertemuan dapat dialkuakn dengan create event (atau membuat acara) di FB yang dapat mengundang (invite) teman-teman yang dikehendaki. Create event di FB ini sangat berguna untuk memberikan gambaran yang lengkap/komprehensif atas event tersebut termasuk deskripsi, foto dan video. Teman-teman yang tidak dapat hadir, kemungkinan hadir (maybe) atau konfirmasi hadir dapat dilihat di menu event di FB tersebut.
  13. Kita mudah mencari teman (find friend) di FB atau meng-invite teman dengan hanya tahu emailnya di FB, namanya, sekolahnya atau informasi penting lainnya sehingga dapat berkomunikasi lebih aktif di FB.
  14. People You May Know (orang yang mungkin Anda tahu) atau friend suggestion (usulan teman)  di FB merupakan menu yang memungkinkan kita mencarai teman lama dari jaringan yang sudah menjadi teman FB kita, biasanya lengkap dengan foto, teman yang bersesuaian (mutual friend) atau kirim message pribadi untuk penegasan.
  15. Events and Birthdays di FB memungkinan kita untuk melihat acara yang akan kita hadiri dan teman FB yang berulang tahun.
  16. Invite teman di FB menjadi lebih mudah dengan cukup memasukan alamat email (gmail, yahoo, hotmail dsb) dan passwordnya sehingga proses invite menjadi elbih mudah.
  17. Menu applications di FB membuka ruang cukup luas untuk pengembangan lebih lanjut dalam memperkuat proses social networking. Beberapa diantara untuk kampanye kegiatan sosial, pencarian dana, perikalanan, kampenya, game, gift dsb.
  18. Menu profile di FB terutama sub menu Info memberikan informasi yang luas untuk press release pribadi terutama memberikan demokratisasi hubungan antar manusia. Singkatnya jika kita bisa me-manage FB kita sudah menjadi selebritis diantara teman-teman kita.
  19. Update di FB semacam micro blogging, sehingga merupakan press release pribadi atas semua kegiatan kita secara live. Misalnya dalam sehari kita selalu update "what are you doing right now ?" di FB seperti sedang kerjakan ini, suasana hati seperti ini, dlsb-nya teman-teman merasakan secara peersonal ada kedekatan sehingga bisa saling menguatkan atau bisa saling memberikan masukan.
  20. Timeline di profil di FB menunjukkan kegiatan teman atau profil FB yang dilihat dari waktu ke waktu, kegiatan atas profil tersebut menjadi terbuka seperti komen dari teman di FB, link tulisan blog, publish (menyampaikan scr terbuka) atas kegiatan di aplikasi-game, dan kegiatan-kegiatan detail lain.
  21. Info atau About di FB menunjukkan informasi diri tentang pekerjaan, pendidikan, sejarah dari tahun ke tahun, informasi diri termasuk alamat website, bahasa yang digunakan, telepon, alamat, tanggal ulagn tahun, bentuk hubungan relasi saat ini (relationship), peta tinggal saat ini, email dan informasi lain-lain. Info atau about di FB ini bisa dibuka secara transparan (public) atau hanya beberapa saja yang dibuka atau bahkan bisa sama sekali tertutup (closed),
  22. Friends di FB merupakan daftar teman baik yang merupakan teman bersama (mutual friends), teman yang mempunyai kesuakaan (interest) yang sama, berkota sama atau teman sekolah. Menu ini cukup penting untuk mencari teman lama atau megnetahui teman dari teman (friends of friends) profil yang sedang  dibuka informasinya.
  23. Photos i FB merupakan foto yang di tag teman FB dan foto yang diupload oleh kita yang dapat dikelompokkan berdasarkan album sehingga bisa berbicara tentang kegiatan, komunitas, dan arsip dalam bentuk album pribadi atau publik.
  24. Map di FB merupakan ringkasan tempat mana saja yang menjadi singgahan profil FB berdasarkan informasi foto, agenda dan notifikasi lain yang menunjukkan daya jelah profil FB yang bersangkutan.
  25. Likes di FB merupakan kesukaan atas pages (halaman) musik, buku, film, TV, game, atlet, team olahraga, aktivitas, interest, yang menjadi perhatian profil FB yang bisa menggambarkan kepribadian atau kegiatan profil Fb tersebut.
  26. Notes di FB merupakan tulisan yang ingin dibagikan pada teman-teman lain untuk ditanggapi (komentari) atau memberikan respon atas tema/topik tertentu.
  27. Menu-menu lain yang selalu berkembang di FB sehingga memungkinkan ruang yang cukup luas untuk berkreasi dan berinovasi dalam membuat press release prbadi atau simplenya markeing pribadi.
  28. Sehubungan beberapa kelebihan di atas, berdasarkan www.alexa.com social networking site www.facebook.com menduduki ranking ke-1/2 dunia berkompetisi dengan www.google,com.

Jadi jika Anda belum daftar (sign up) ke facebook kenapa tidak coba ?

salam, selamat ber-ber facebook ria ya.

IB Prabowo FB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar