23 Juli 2010

10 Pencarian terbanyak dan pertumbuhan tertinggi di Google

Tweet It!

Saya sering bergurau dengan dengan teman dan saudara bahwa saya mempunyai sekretaris yang bisa memberitahu saya apapun juga informasi yang diminta, bahkan informasi penting dan rahasia yang selama ini tidak bisa diperoleh. Sekretaris saya ini tidak pernah komplain, mengkritik, 'manut', pandai menjaga rahasia, dan bahkan gratis maka tidak pernah ada istilah meminta kenaikan gaji.


Tentu banyak teman dan saudara saya terkaget kaget. Kemampuan yang diberikan sangat baik namun gratis. Wahh sekretaris ini jadi rebutan dong. Sambil senyum saya bilang, "Nah sekretaris saya adalah http://www.google.com ", langsung saya sampaikan daripada muncul rasa panasaran.


Memang dengan kata kunci (keyowrd) yang tepat semua yang diinginkan bisa diperoleh. Jadi fungsinya sama dengan sekretaris dalam hal mencari informasi. Saya tidak membutuhkan lagi memori yang terlalu banyak di kepala saya, cukup ada akses ke internet (bahkan mobile dengan smartphone) dan ketik kata kunci pada http://www.google.com . Misalnya : curug cigangsa, hasil pencariannya akan diperoleh informasi yang banyak tentang lokasi, foto, informasi atau tulisan blog yang bercerita tentang kata kunci tersebut.


Memang ada cukup banyak mesin pencari (search engine) yang bisa membantu mencarikan informasi apapun juga, beberpa yang terpenting yaitu http://www.google.com, http://www.yahoo.com dan http://www.bing.com. Sehubungan kelengkapan, kemudahan akses dan kecepatan saya memilih http://www.google.com sebagai mesin pencari (atau sekretaris) yang sering saya gunakan.


Nah, kalau mau iseng-iseng apa pencarian terbanyak dan pertumbuhan terbesar di Google ? Bagiamana dengan di Indonesia ? Berikut adalah ranking untuk global dan Indonesia untuk rentang waktu sejak 2004 sampai saat tulisan ini dibuat.


Global


Pencarian yang pertumbuhannya tertinggi di seluruh dunia adalah :



1. facebook
2. myspace
3. you tube
4. youtube
5. google
6. hotmail
7. you
8. videos
9. yahoo
10.ebay

Indonesia


Pencarian terbanyak di Indonesia adalah :



1. download
2. indonesia
3. facebook
4. lagu
5. mp3
6. video
7. google
8. yahoo
9. cerita
10. friendster

Sedangkan pencarian yang pertumbuhannya tertinggi di Indonesia adalah :



1. facebook
2. fb
3. google
4. friendster
5. video
6. lagu
7. yahoo
8. download mp3
9. mp3
10. lirik

Data di atas menunjukkan pertumbuhan pencarian tertinggi secara global yang makin sering diketikkan pengguna adalah berkisar kata kunci dari super portal. Hal ini menunjukkan berhasilnya pelaksanaan branding (memperkuat peningkatan dalam pengenalan nama merk kepada publik) sehingga facebook, myspace, youtube, google, hotmail, yahoo dan ebay menempati 10 besar pertumbuhan pencarian tertinggi. Selain itu kegiatan social networking (jejaring sosial) semacam facebook dan myspace, pencairan video (you tube, youtube dan videos), dan pencarian alamat link super portal utama (google, hotmail, dan yahoo) merupakan kata kunci yang makin sering diketikkan.


Untuk di Indonesia, yang makin sering diketikkan pengguna adalah berkisar kata kunci dari social networking (facebook dan friendster), super portal utama (google dan yahoo) serta kebutuhan akan multi media ( lagu, download mp3, mp3, lirik dan video). Sedangkan yang paling banyak diketikkan adalah kata kunci download, indonesia, social networking (facebook dan friendster), multimedua (lagu, mp3 dan video), super portal utama (google dan yahoo) serta cerita. Pola yang sedikit berbeda yaitu penduduk Indonesia selain menyukai jejaring sosial, mengkases portal utama, mengembangkan pengetahuan multi media, mencari file yang bisa di download, mencari informasi tentang Indonesia dan membaca suatu cerita.


Data di atas selain sebagai informasi keingintahuan juga dapat sebagai strategi para blogger dalam meningkatkan hits (banyaknya ekdatangan per jangka waktu) ke blog masing-masing. Moga-moga informasi ini berguna.


Salam.



8 komentar:

  1. ane lebih suka ngeblog di blogdetik dari pada facebook.

    BalasHapus
  2. hidup Indonesia..
    Hidup blogdetik

    BalasHapus
  3. facebook w gk bs di gunain napa ya bro..? tp enakn ngblog aja !

    BalasHapus
  4. IT Indonesia lumayan baik namun di FB kadang cuma banyak canda doang?????????????

    BalasHapus
  5. @husin betul pak
    @infokomputerinternet saling dukung ya
    @botwnnix yang menghasilkan uang setuju pak
    @Kang Yudhie salam kenal, iya udah mampir kok
    @Endi Biaro salam
    @igasbujang betul belum tentu lebih baik tak baiklah saling menghina

    terima kasih tanggapan teman2 sesama blogdetik-ker

    BalasHapus
  6. Seharusnya Ketua Umum PSSI sebagai seorang pemimpin Sepak Bola di Tanah air bisa mencontoh Tokoh Besar Dunia yakni Muhammad SAW. Silahkan lihat di yapi.blogdetik.com

    BalasHapus
  7. Nurdin dan Gayus,.....ehm,..nama yang mungkin akan menjadi tend untuk bayi2 yang lahir di 2011,..indah dan penuh arti...semoga yang bayinya bernama nurdin dan gayus bisa kaya dan menjadi pemimpin abadi hehehehe...

    BalasHapus