25 Mei 2010

Wifi : Akses Internet Nirkabel dari Hotspot (Titik Akses)

Tweet It!
Wifi singkatan dari Wireless Fidelity adalah standar untuk Jaringan Lokal Nirkabel (tanpa kabel). Secara sederhana akses internet dapat dilakukan tanpa kabel dengan peralatan pemancar dan penerima pada laptop/PDA dalam jangkauan tertentu. Biasanya untuk dalam raungan sekitar 30m dan luar rauangan sampai 90m. Untuk kebutuhan aksesbilitas dan pemakai digunakan username dan password agar jaringan tersebut dapat dikelola.
Hot Spot atau titik akses disediakan di banyak ruang publik untuk memudahkan pemakai mengakses informasi di manapun juga. Sebagai misal dalam gambar tersebut terlihat sejumlah mahasiswa fakultas teknik UI mengakses jaringan WIFI dari  lingkungan area yang rindang. Sungguh menyenangkan, modern, fleksibel dan suatu kemudahan pada perkembangan teknologi saat ini. 
Fasilitas adanya hot spot bahkan bisa menjadi tambahan nilai jual baik bidang pendidikan, tempat makan minum, ruang perkanotran, ruang publik tertentu atau apapun agar calon pengguna dapat kemudahan dalam kemudahan akses internet kapanpun dan di anapun. 
Apa untungnya adanya kemudahan akses internet dengan adanya hot spot di mana mana ?
  1. Selalu memperoleh berita terbaru, kebutuhan hidup tidak hanya makanan, sandang, papan tetapi juga berita. Sudah suatu kebutuhan berita terkini dapat diakses di manapun dan kapanpun, dengan adanya hot spot di mana-mana, mobilitas bukan suatu penghalang bahkan pendukung untuk bisa melakukan banyak hal lebih efektif dan efisien lagi.
  2. Pekerjaan dapat dikerjakan dimanapun, sudah menjadi tren bahwa pekerjaan bisnis atau beberapa perkantoran dapat dikerjakan tidak hanya di kantor tetapi di manapun. Ada seorang tean yang bekerja di bidang operasional perkapalan  memantau pekerjaannya tidak hanya di kantor, di rumah tetapai bahkand alam perjalanan. Bahkan ada satu kantor bidang perminyakan yang sedang melakukan uji coba pekerjaan dari rumah, jadi pergi ke kantor pada saat-saat tertentu saja. Perihal keluhan kemacetan dan jarak bisa diatasi. Sungguh suatu masa baru dalam bekerja dan memandang suatu bisnis/usaha.
  3. Pendidikan seumur hidup dan 24/7, artinya kemudahan akses internet tidak hanya mendorong kalangan manapun untuk belajar seumur hidup, namun pola belajarpun berubah 24 jam per hari dan 7 hari seminggu. Artinya belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.
  4. Perputaran menjadi lebih pendek, dalam arti keputusan baik dalam bidang pekerjaan, pribadi, keluarga, pendidikan, organisasi dan lain-lain menjadi lebih pendek, sehubungan pola komunikasi dan pengambilan keputusan menjadi lebih mudah. Dengan peralataran komunikasi yang canggih ini banyak hal dilakukan lebih mudah, misalnya saja rapat dapat dilakukan dengan video conference, yang satu di Bali, satu di Jakarta dan satu di New York untuk mengambil keputusan penting dengan cepat.
  5. Lahir bisnis baru, sehubungan pola kemudahan akses internet tersebut maka mulai muncul pola-pola bisnis baru seperti penjualan via internet (dunia maya), virtual office - penyewaan dan konsultasi kantor dengan lebih mudah, Adsense dan Adword, affiliate internet marketing, serta bentuk-bentuk bisnis baru yang lainnya.
  6. Berkembangnya Jejaring Sosial Dunia Maya, facebook dan twitter adalah salah satu media pengembangan jejaring sosial yang muncul sehubungan kemudahan akses internet tersebut.
  7. Kelahiran budaya baru cara berkomunikasi, sungguh suatu keanehan jika pada waktu dulu komunikasi penting harus dilakukan tatap muka, saat ini ternayta cukup melalui sms atau email atau wall to wall di facebook atau via tweet di twitter komunikasi yang penting dilakukan. Budaya yang baru dan pola komunikasi yang bisa-bisa diterima semua pihak untuk generasi berikutnya. Bahkan untuk berpacaran atau putus  dilakukan dengan cara seprti ini, sekarang sudah baisa dulu aneh bahkan dianggap tidak sopan.
Dengan adanya hot spot di atas, kwbutuhan orang untuk akses internet dan komunikasi menjadi terpenuhi. Dengan demikian menjamurnya hot spot merupakan suatau konsekuensi logis atas perkembangan teknolgi dan cara komunikasi yang baru.
Bagaimana perkembangan berikutnya ? Mari kita lihat dan jadilah saksi sejarah atas perkembangan-perkmebangan baru yang aneh atau bahkan mencengangkan.
Salam 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar