05 Mei 2010

Generasi Platinum telah lahir

Tweet It!

Alvin Toffler adalah pengarang buku yang sampai sekarang saya masih ingat isi tulisannya. Intinya Ada 3 gelombang perubahan. 
Gelombang pertama adalah era pertanian. Pada saat era pertanian, manusia tidak terikat dengan waktu bahkan manusia cenderung tergantung musim. Pada saat musim baik, rejeki ayng diperoleh baik dan pada saat musim jelek adalah 'nasib-nasiban'. Hubungan kekerabatan antara individu sangat dekat. Berkumpul dan mengobrol adalah hal yang biasa.
Gelombang kedua adalah era industri. Pola berikut adalah yang saya tangkap dan saya tafsirkan. Pada saat ini manusia bahkan menjadi 'robot' baik dalam pendidikan dan pekerjaan. Berangkat sekolah dan kerja menggunakan seragam, pendidikan dan pekerjaan dibatasi oleh waktu dari jam masuk dan jam pulang waktu tertentu. Standar Operasi dan Prosedur atau tata tertib merupakan batasan atau pagar-pagar untuk mencapai target atau kinerja/prestasi tertentu. Adanya sistem reward and punishment. Manusia untuk peraturan dan bukan peraturan untuk manusia. Jika manusia tidak sesuai dengan aturan atau norma harus keluar dari lingkungan kerja/sekolah atau lingkungan tersebut.

Gelombang ketiga adalah era informasi. Pada saat ini yang menguasai informasi adalah ayng berkuasa. Bekerja dan bersekolah bisa dilakukan dari mana saja tanpa dibatasi waktu. Yang membatasi adalah target dan inovasi dan kreatifitas. Pada era ini kekayaan, karier dan popularitas dapat dibangun dalam waktu singkat, sebaliknya akan hancur dalam waktu singkat  juga. Alasannya informasi adalah raja. Ilmu yang paling berkembang pada saat ini adalah jurusan komunikasi. Semula di Indonesia hanya ada puluhan universitas yang membuka jurusan komunikasi di seluruh Indonesia. Saat ini sudah ada ratusan jurusan komunikasi di buka. Di tiap perusahaan, lembaga, organisasi dan kelompok-kelompok tertentu diperlukan corporate secretary, sekretaris jenderal, juru bicara, humas, atau apapun namanya yang bertugas untuk branding (memberikan citra yang baik) perusahaan, organisasi, kelompok atau institusi. Bahkan untuk satu negara memiliki juru bicara yang banyak.
Berbicara soal generasi,  dikenal generasi perjuangan, generasi 80-an (zona 80), atau generasi milenium. Pada saat mulai jaman informasi generasi milenium ini lahir bersamaan lahirnya teknologi informasi yang selalu berkembang dan berinovasi dengan produk-produk yang bervariasi.

Saat ini, mulai dikenalkan generasi baru yaitu generasi platinum. Ciri dari remaja platinum yaitu di tangannya tidak bisa lepas dari handphone/PDA/smartphone/Blackberry dari tangannya. Komunikasi via sms, via twitter atau via facebook adalah sudah biasa. Chatting (komunikasi langsung secara tertulis, suara dan gambar langsung dengan software khusus) via yahoo messenger, MIRC, atau Facebook Chatting adalah media yang tidak asing. Dalam menuliskan kata-kata via chatting biasa digunakan bahasa dan tulisan baru. Misalnya istilah lebay (berlebihan), cucol (curhat colongan), tulisan c3rm4t (cermat) atau  c u (see you / sampai jumpa) atau ti2 dj (hati-hati di jalan) serta istilah baru atau cara penyampaian baru selalu muncul kreatifitas baru.
Generasi Platinum telah lahir. Generasi ini lahir sesuai perkembangan jaman. Tiap generasi punya ciri, kekhasan, kreatifitas dan kenangan tersendiri. Semoga ciri-ciri tersebut merupakan ciri yang positif, membentuk kepribadian yang bisa dipercaya dan membahagiakan semua pihak serta memberikan warna-warni perjalanan sejarah manusia patut kita dukung.

Generasi platinum adalah warga negara globla (global citizen), meski warga negara indonesia, mereka berani untuk sekolah dan bekerja di segala penjuru dunia bahkan sekolah/bekerja di afrika atau di hutan pun dijalani sepanjang memberikan tantangan dan memberikan makna pada panggilan hidupnya.
Selamat datang generasi platinum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar